EVALUASI PENDIDIKAN
PERBEDAAN EVALUASI FORMATIF DAN EVALUASI
SUMATIF
Sebelum
kita menuju ke pokok bahasan alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa
yang dimaksud dengan evaluasi itu
sendiri serta mengetahui apa fungsi dan tujuan dari evaluasi.
1.1
Pengertian Evaluasi
Evaluasi (evaluation) adalah
suatu rangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur efektivitas suatu sistem
secara keseluruhan.
1.1.1
Pengertian Evaluasi menurut
beberapa pakar adalah sebagai
berikut :
1.
Edwin Wandt dan Gerald W. Brown (1997)
Mengemukakan bahwa
evaluasi adalah suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.
2.
Ten Brink dan Terry D (1994)
Evaluasi adalah
proses mengumpulkan informasi dan menggunakannya sebagai bahan untuk
pertimbangan dalam membuat keputusan.
3.
Suharsimi Arikunto (2004)
Evaluasi adalah
kegiatan mencari sesuatu yang berharga tentang sesuatu, mencari informasi yang bermanfaat dalam
menilai keberadaan suatu program, produksi, prosedur, serta alternatif strategi
yang diajukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
1.1.2
Pengertian Evaluasi secara umum
Evaluasi adalah suatu proses
penilaian yang menggunakan suatu prosedur yang meliputi penilaian, pengukuraan,
assesment dengan cara mengumpulkan informasi untuk mengambil suatu keputusan
sehingga suatu yang dievaluasi itu berharga, bermutu dan bernilai.
1.2
Tujuan Evaluasi Pendidikan
Tujuan evaluasi adalah untuk melihat dan
mengetahui proses yang terjadi dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran
memiliki 3 hal penting yaitu, input, transformasi dan output.
Input adalah peserta didik yang telah dinilai kemampuannya dan
siap menjalani proses pembelajaran. Dengan penilaian ini, ingin diketahui
apakah kelak ia akan mampu mengikuti pelajaran dan melaksanakan tugas-tugas
yang akan diberikan kepadanya.
Transformasi adalah segala unsur yang terkait dengan
proses pembelajaran yaitu ; guru, media dan bahan belajar, metode pengajaran,
sarana penunjang dan sistem administrasi. Sedangkan output adalah capaian yang dihasilkan dari proses pembelajaran.
1.3
Fungsi Evaluasi Pendidikan
Salah
satu fungsi Evaluasi Pendidikan adalah evalusi
berfungsi formatif (formative test) dan evaluasi
berfungsi sumatif (sumative test).
1.
Evaluasi Formatif (formative
test)
Evaluasi ini dilakukan di
tengah-tengah pembelajaran program pembelajaran, yang bermaksud untuk memantau atau
memonitor kemajuan belajar siswa guna untuk memberikan umpan balik (feed back) baik kepada siswa maupun
kepada guru.
2.
Evaluasi Sumatif (sumative
test)
Evaluasi ini diberikan pada akhir
tahun ajaran atau akhir suatu jenjang pendidikan, dengan maksud untuk
mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan.
1.4
Perbedaan Evaluasi Formatif dan Evaluasi Sumatif
Evaluasi
Formatif
|
Evaluasi Sumatif
|
·
Evaluasi
meliputi penilaian dan usaha untuk menentukan sebab-sebab khusus.
·
Di laksanakan
pada awal pelajaran (selama pelajaran)
·
Bermanfaat
memberikan umpan balik siswa dan guru mengenai kemajuan selama satu unit
intruksional.
·
Dapat dilakukan
berkali-kali
|
·
Evaluasi
berfungsi untuk menetapkan keseluruhan penilaian program.
·
Pada akhir
pelajaran (semester)
·
Memberi
sertifikat atau nilai pada akhir satu unit atau semester.
·
Dilakukan hanya
sekali
|
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudaryono.
2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Eukaristia Victorique. 2012. Pengertian Tujuan dan Fungsi Evaluasi. Tersedia pada http://animenekoi.blogspot.com. Di akses tanggal 31 Maret
2013.
Deni Hoshiora. 2012. Tujuan,
Prinsip dan Fungsi Evaluasi Pendidikan. Tersedia pada http://detektiphoshiora.blogspot.com. Di akses tanggal 31 Maret
2013.
Amirul
Bakhri. 2011. Evaluasi Formatif dan
Evaluasi Sumatif. Tersedia pada http://amirulbahri.wordpress.com. Di akses tanggal 1 April 2013.
Fahmi
Haris. 2011. Pengertian Pengukuran dan
Evaluasi. Tersedia pada http://fahmilharis88.blogspot.com. Di akses
tanggal 1 April 2013.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar