Selasa, 30 September 2014

ANALISIS LONTAR SATUA I CEMPAKA MAS



ANALISIS LONTAR SATUA I CEMPAKA MAS

Judul Naskah                                   : I Cempaka Mas
No. Naskah                                      : Kode VIB - No. Lontar 2067 – No.Keropak 10
Tempat Penyimpanan Naskah         : Gedung Krtya
Asal Naskah                                     : Puri Kaleran Kaba-kaba Kediri Tabanan
Keadaan Naskah                              : Baik
Ukuran Naskah                                :
                                                         Panjang                    : 41,5 cm
                                                         Lebar                        : 4      cm
                                                         Ruang Tulisan          : 25,5 cm : 23,5 cm
Tebal Naskah                                   : 14 lembar
Jumlah Baris                                    : 4 baris
Huruf/Aksara yang digunakan        : Aksara Bali
Ukuran dan Bentuk Huruf              : Kecil
Bentuk Tulisan                                 : Tegak
Cara Penulisan                                 : Bulak-balik
Bahan Naskah                                  : Daun Rontal
Bentuk Teks                                     : Satua
Umur Naskah                                   : 157tahun (1857masehi)
Identitas Pengarang                         : -
Asal-usul                                          : Di dapat dari membeli
Fungsi                                              : Sebagai Contoh Agar Selalu Berbuat Baik
Kalimat Awal                                  : Satua I Cempaka Mas. Ada kone tuturan satua, Ida Sang Prabu Koripan madue oka lanang adiri. Ida Sang Prabu Daha madue masih oka adiri, nanging istri.
Kalimat Akhir                                  : Kacarita di subane Ida rauh di Puri Koripan, tan kacaritanan buat kaledanga Idane, kacarita suba makelo Ida ditu, lantas Ida mantuk. Puput.
ALIH AKSARA :
SATUA I CEMPAKA MAS

       Ada kone tutur-tuturan satua, Ida Sang Prahu koripan madue oka lanang adiri, Ida Sang Prabhu daha madue oka masih adiri, nanging istri. Kacerita Ida Raden Mantri Koripen sedek Ida masiram di taman. Lantas Ida plaibang papeteng mawinan sungsut lantas Ida Sang Prabhu kalih pamisuari, lantas Ida nedung panjak kapangendikaang ngaruruk Ida Raden Mantri.
       Yen kanti suba akudang dina makelon panjake ne ngaruruh Ida Raden Mantri masih tusing tepukina. Lantas pada malipetan matur teken Ida Sang Prabhu, ngaturang buat pajalane tan mapikolih.
       Tan kacerita di koripan, kacerita Ida Raden Mantri ulung kone Ida di gagelang, di tatenamane bapa bandesa. Nujuang dugase ento bapa bendesa, kakita ngelidang ka tamane. Dadi tepukina lantas Ida Raden Nantri ditu nangis mangilngilan. Beh sang kane tengkejut bapa ban desane mare dapetange anak cenik ngalih ditu. Takonina lantas Ida Raden Mantri, olih jero anak alit, nyen jerone ?. kanape dadi ngeling, nyen ngajakjerone mai ?. masaut Ida Raden mantra, sambilang ida nangis : jero-jero anak lingsir tiang dadi jadma lacur nenten nawang adan muah meme-bapa. Sira kaden ngajak tiang mariki, awinan tiang deriki nenten karoan ban tiang. Ngomong bapa bandesa, lamun keto, cenk nyak duduk bapa ? Nggih, wenten je olas bapa ring tiang, tiang nyak, nah den ing keto, dudukang lantas ida raden mantra teken bapa bandesa.panyamahange teken panakne I Bandesa. Ida Raden Mantri Kahuripan kene ni bandesa. Jani kacerita ida raden galuh baha, sedek ida di taman masih ida palaibang pepeteng.
       Tankacerita kasusutang sahisin Purine dibaha, kacerita ida raden  Galuh ulung kone Ida masih ida gagelang, nanging di tamane bapa patih tur duduka teken bapa patih, panyamahane teken panakne, I wayan patih. Ida Raden Galuh kakahukin kone I cempaka mae. Bapa patih ngelah kone ye kaponakan muani, raden I demung, bapa patih iya manyama teken bapa bandesa, nanging umahne majohan. Sasukat bapa patihe muah bapa bendesane pada maan nuduk anak cenik, nyugihan kone lantasya, mawinang pada  ka sayangan imade bandesa muah I cempaka mas. Kasuwen-suwen, kacerita meme patih ngomong teken kurenane, bapane, bapane, nah jani sawireh I cening suba bajang tur suba pantes mapumahan, kemah icang, ajake I demung.
Masaut ane muani, beh benengan tenenan, keneh akene matungkas teken nyet nyaine. Keneh akene, ya icempaka mas, lakar atepang tekening icening badauh, I made bandesa. Keto abetne bapa patih karang kone kenehne ane luh, I cempaka mas apang makurenan teken I demun. Ben ing keto, keto lantas abetne ane muani, nah keto ja nyet nyaine, jani lakal paserahang.  Nyetne I Cempaka Mas dogen. Tegarang ye tari, lamun ya nyak, mahisi ya nyet nyaine, da nyai kendel. Ditu singa de nyai sebet. Dadianya tarima lantas I cempaka mas teken meme patih, nanging tusing kone ya nyak. Mawanan pedih lantas meme patih teken kurenane muah teken I Cenpaka mas. Uli sekat ento kone I cempaka mas sehase pesan aji gagaen teken memene. Jani mapahitungan lantas bapa patih ajaka bapa bendese, ngitungan panakne, I made bandesa, langsung ya nyak, ada nyete teken I cempaka mas, lakar tundena ngajuk. Dadi tarima lantas imade bandesa teken bapane buka keto. I made bandesa ngorahang demen teken I Cempaka Mas, tur ya satinut teken itungan bapane muah reramane.
       Nah den ing suba cukup itungane dituajake makejang, nyanan sanjane, kama lantas meme bandasa ka umahne bapa patih ngalih I Cempaka Mas, lakar apusa. Kacerita meme bandesa sube nangked umah ipahne, agemeng lantas ya, teken I Cempaka Mas ’’cening cempaka mas, tulungin je meme nyasah akejep’’. ‘’ngih mangkin dumun, tiang morahan malu teken I meme”. Keto abetne I cempak mas, lantas ia moraan teken memene. “nah kemu tulungin bibin nyaine nyasah, nyen de mekelo cening ditu, ne suba sanje gagene nu liu”. Keto abet memene, majalan lantas I cempaka mas ajaka memene bandesa.
       Nah di subane nangked jumahne, ngomong kone lantas I cempaka mas, “ meme, dong marika jemak punane, jalan suba nyasah, nyen bas makelo tiang dini, payu welangenyen tiang teken memen tiange”. “enden malu, mai negak ada omongang abedik”. Negak lantas I cempaka mas di ampike. Bapa bandesa muah pianakne ajake dadua suba kene mapunduh ditu. Ngomong lantas meme bandesa : “cening cempaka mas, sasajane meme anak sing ja nyasah. Nah kene cening, den ing cening suba madan daha, tur suba pantes net meme cening makurenan, nah ne balin ceninge I made suba ayahin”. Keto abetne meme bandesa, lantas tulurina kone buin teken bapa bandesa : “nah keto suba bapa sing ja ngalih dewasa apa buin, kadong cening suba dini, de sube cening mulih”. Mara keto, dadi kamenengan kone I cempaka mas, makelo babana tusing pesu-pesu omong. Ngomong buin bapa bandesa:’’ cening ken-ken dadi cening mendep ?. yen belin ceninge dini tra demenin cening, men nyan lakar kademenin I Demung?” ngomong lantas I cempaka mas: “beh, icen ja tiang makeneh nyang duang wai, telung wai napi ?” mara ambul to I cempaka mase, sahutine kone teken imeme bandesa:” cening cempaka mas, jani suba pragatang, jet cening sing ngisinin pa munyin memene ajak mekejang, apa buin ngisinin, bawakne cening bakal pendet meme dini.”
       Nah gelis ing satus, den ing I cempaka mas, kabelbelan tur masihmisi dementeken I made bandesa, dadi nyak bakal I cempaka mas.
       Kacerita jani suba liwan teken sandikaon, lantas I bapa bendesa nyalanang pajati ka umah I bapa patih, nyatiang buat I cempaka mase juanga teken I made bandesa. Nah kaceritenan katampi kone sube pajatine, tur I Made Bandesa sube kone gaenanga banten babali.
       Gelisin satua, makelo-makelo, kacerita I Cempaka Mas suba kone ngelah panak luh muani. Ane muani kelihan, mara matuuh kutus oton, madan I ratna smara, adine mare matuuh limang oton, madan iratna sari. Jani kacerita raden ida raden galuh gagelang lunga ka taman masucian, kairing ban panjeroan idane duang diri. Di mantuk idane uling taman, panggihin ida kone I made bandesa sedel: nganggur di bancingah, sawireh imade bandesa anak bague, dadi makleteg bayun idane buduh, teken imade bandesa. Di subane ida raden galuh rauh di puri, mataken lantas ida taken panjeroan idane:” meme ngemben, meme ngemben”. “titiang ratu dewa ayu”. “nyen ento anake muani ane nganggur di bancingah ?”. “ anak muani makeh irika nganggur, sane encenan takenang cokor idewa.” “ento ane mabunga di kuping”. “ pianak bapa bandesa ratu dewa ayu, madan ipun made bandesa”. “dadi tumben ja nira nepukin”. Keto pangandikan raden galuh, lantas ida ngaranjing ka pasraman tur lantas ida marem. Nanging ida uyang, krana I made bandesa bengenne elingang ida.
       Samaliha titian ajrih pisan ring ajin Cokor I Dewa”. Suba keto atur I Made Bandesa, masih sareng kone pakayunan Ida Raden Galuh, mawanan mrodos, lastas imade bandesa mapamit. Disubane teked jumah, morahan lantas ye teken meme bapane:, “bapa kalih meme, napi tiang lemesina itunian di puri teken ida raden galuh. Sawireh ajering tiange, tonden pragat pasraman idane, suba titian ma pamit, jet titian tusing ka iring ja kayun I dane, selang selang masi keneh tiange, pedas suba tiang lakar nepukin jele”. Keto munyin I made bandesa, cengeh cengeh dogen kone meme bapane.
       Kacerita jani ida raden galuh, sapakalah imade bandesane, lantas rengesina maong kone ragan idane, kanti macuab-cuab pesu getih, tur lantas ida matur teken ajin idane, sambilang ida nangis:. Ratu guru aji dong beler pisan je nika I raden bandesa, tiang je kone nagih jelekange itunian, guru-aji. Makelo bentiang magujeg-gujegan kanti kene babak belur awak tiange”. Mare keto atur raden ida galuh tur saje ragan idane babak telah babak belur magetih-getih, dadi banan pesan lantas ida sang prabhu. Pah langgia pesan imade bandesa, nah jani apang misina dosane. Keto pangandikan ida sang prabhu, lantas ida ngandikang juru suduke ngematiang imade bandesa. Majalan lantas I juru suduk ngalih I made bandesa. Mara ijuru suduk teka di umahne imade bandesa, jejeh kone lantas ditu ajaka makejang. Ngomong ijuru suduk.” Cai I made bandesa, bapa kapangandikahang ban ida sang prabhu ngematiang cai. Da nyan kenken idep caine teken bapa, bapa anak dadi utusan”. Masaut I made bandesa. “ inggih bapa, mawinan ida sang prabhu ngandikaang bapa ngamatiang titian, napi kocap sisip tiange ?”. “made buat ento tusing dadi bapa nawang”. “ inggih yen sapunika, tiang ngiring, dija bapa lakar ngamatiang titian ?”.  “di seme jalan jani majalan” “inggih margi” mare keto, ngeling kone icempaka mas muah meme bapane. Jani jalan lantas imade bandesa ka same teken ijuru suduk, tututina teken meme-bapa, kurenene muah nyama-nyamane tur makejang pada sedih.
        Kacerita di suba nangked di sema, ditu lantas imade bandesa katenel: ban kadutan teken ijuru suduk, nanging kanti benkude kuda tabeke imade bandese masi tusing belur. Ditu lantas ngomong imade bandesa : “sampunapi dados ten ngidahang mintulin kadutan bapane, tapak minawi muncukne ?. indayang niki muncuk lalang tiange anggen, padalem tiang bapa jeg kene tuyuh pesan” keto abetne imade bandesa saha nyerahang kadutane. Ento lantas anggon nebek I made bandesa, lantas ajaka mulih. Tan kaceritadi jalan, kacerita disubane nenggked jumahne, disubane ento kone bangken imade bandesane lantas gulunga, pejage kone di bale gedene. Tan kacerita anake mangling I Made bandese, kacerita jani ida batara guru, anggen pesan pekayunan idane nyingakin imade bandesa kahilangang, bane ya tusing ngelah salah. Mawanan kasilurin lantas bangken imade bandese. Ento bangken jero bandesane abane lantas ka karipan,ganahanga di pamerajan idane. Ditu imade bandesa lantas uripa. Ida batara lantas mantuk ka suargan. Disubane ida raden mantri nyeneng, dadi tra-elingkone ida teken indik idane ane suba liwat, teken kileng-kileng dogen ida ditu di pamerajan. Kacerita dugase ento sedek purnama. Kamerajan kone ida parama suari okana Ida maturan, dadi kapanggihin dados okan idane ditu. Be ape aeng kone ledang idane, ida raden mantra lantas kasahup. “ anak bagus, mas titiange I dewa, ne ipidan nanak mantuk, dadi nget anak suba dini?” masahut ida raden mantris, sapunapi kaden indik tiange, dadi teke tiang suba deriki. Beh tenkaroan napi antuk tiang”. Keto atur ida raden mantra, ajaka lantas ida ka jabahan parak teken ajine. Tan kacepang kaledangan ida sang prabhu muah sehisin purine makejang.
        Kacerita di subane di ranna sari, matuuh msm tiban, lantas iya ingel ingelan ajaka timpal-timpalne paturu cerik. Juru ingelne tuah dudus, I ratna smara dadipanji, adine kone dadi galuh. To timpal timpalne dadi juru gambel. Tonden amongken mekelo mahuruk, dadi ade nyeta lakar ngalawang. Moraan kone lantas I ratnasari teken memene, lakar luas ngelawang. Memene ngelegehin.
       Jani luas lantas igel igelane ngalawang. Sebilang desa ada dogen anak ngupah, den ing keto, nemenang dogen kone sekehane ngelawang, kanti suba joh kone pajalane, masih tusing makeneh matulak. Jani teked kone lantas di koropan. Dugase ento, nuju ida sang prabhu ngadahang rame-rame, reh ida ngadelin ida raden mantra. Cening ranna smara ratnasmara, ne kenken unduk ceninge dadi manten turahang anak ajaka liu. Keto patakon memene, masahut lantas I ratna smara :” tiang anak ngiringang Ida raden mantra koripan nika mariki. Sangkal tiang mategen, anak tiang sangkanin ida oka. Mawangun ida rauh mai, anak ida ngambil meme lakar ajaka mantuk ka karipan” “ye, dadi ida ngawag awag, ngambil meme kenken ja ameng ceninge ?” “inggih, anak kenten pangandikan idane, kame kone ida madue rabine” jani ngandika lantas ida raden mantri. “adi cempaka mas, de je adi tandruh, beli suba kurenan adine”. Matur icempaka mas, “ ratu raden mantra, sampunang cokor iratu sapunika, dadi papak akuhin cokor iratu rabi, kurenan titiang sampun padem. Punika napi kantun ring balene magulung”. Nah adi, lamun adi tuara ngugu, tegarang kemu balihin bangken kurenan adine. Kurenan adi suba idup, beli suba kurenan adine”. Lantas tuuang ida indik idane uling alit kanti kehilangang ban ida sang prabhu gagelang.
       Mare balihina bangken kurenane, sajaan kone tusing ada, nah jani, den ing tutur ida raden mantrine tusing ada lempas nyang abedik, tur yen iribang di warna masih ya, mare ye kone I cempaka mas ngugu. Inggih ratu raden mantri, ne cingakin titian ngega, sampun mapangandikaan cokor iratu. Inggih sane mangkin sapunapi pikayunan cokor iratu”. Nah jani adi jalan mangkin ka kahoropan. Muah ne I bapa I meme pada, jalan bareng kemu, ditu nongos ajak tiang.” “matur bapa bandesa luhmuani:” “inggih titian sahiring ratu raden mantri”. Suba jani keto jani madabdaban lakar mamargi. Nah sube jani pragat mataki taki, lantas ida raden mantra sanggrehan mamargi. I cempaka mas muah paraputrane matikul, ida raden mantra ngelinggihin jaran.
       Tan kacerita ida margi, kaceritanan jani suba Nampak di kahuripan, lantas rauh pamedek iringang ngong uli di puri. Disubane rauh di puri, ledang pesan kone ida sang prabhu, kalih paremisuari, nah di subane pada polih mategtegan, den ing warnan I cempaka mas nakonin buat kawang sane. Dadi ngaku lantas ida Rajang putran daha. Mawinan mawuwuh-wuwuh kone kaledang ida sang prabhu kalih pareme suar, tur prejani, pesan lantas ida ngamargiang utusan ka daha, matur uninga teken ida sang prabhu. Gelisin satua, ida sang prabhu daha kalih paremesuari lantas lunga, ka karipan, praya mapanggih ring putran miwah putun ida. Kacerita di subane ida rauh di puri koripan, tan kaceritanan buat kaledangan idane, kecerita sube keto ida ditu, lantas ida mantuk.
      
Sinopsis/Ringkasan Secara Singkat :
Kacaritaang Ida Sang Prabu kahuripan madue oka lanang adiri mapesengan Ida Raden Mantra. Ida Sang Prabu Daha madue masi oka adiri nanging istri mapesengan Ida Raden Galuh Daha. Kacrita Ida Raden Mantri pelaibang anak saking peteng  risedek ida masiram ring taman. Lantas Ida kaduduk olih bapa bendesa kaadanin I Made Bendesa. Ida Raden Galuh Daha masih plaibange teken anak saking peteng tur kaduduk olih bapa patih nyamane bapa bendesa, Ida Raden Galuh ka kauikin I Cempaka Mas. Kacrita I Cempaka Mas keantenang ngajak I Made bendesa tur nglah pianak dadua luh muani madan I ratna swara muah I ratna sari. Kacrita ida Raden Galuh lunga ka taman ditu lantas ida jatuh hati teken I Made Bendesa, nanging katolak olih I Made Bendesa sawireh Ida sampun madue istri. Ida Raden Galuh sebet lantas morahan teken aji idane orahange I Made Bendesa marikosa ragane. Ditu lantas aji idane bendu tur ngandikaang juru siduke ngamatiang I Made Bendesa.
Kacrita I Made Bendesa kapademang olih juru siduke. Ida Bhatara Guru angen pakayunane nyingakin I Made Bendesa padem tanpa madue salah, ditu lantas I Made Bendesa uripa tur kawaliang ring pamrajan kahoripan tur tepukina teken ibu nyane. Irika lantas ragane nyeneng ratu tur ngalereh istri lan oka nyane kaajak ring puri kahoripan.
Sinopsis/Ringkasan Secara Singkat Bahasa Indonesia :
Diceritakan Ida Sang Prbu Koripan mempunyai seorang anak laki-laki bernama Raden Mantra. Ida Sang Prabu Daha juga mempunyai seorang anak nmun perempuan bernama Ida Raden Galuh Daha. Diceritakan Ida Raden Mntri diculik oleh mahluk astral saat ia sedang mandi di sebuah taman pemandian. Lalu ia dipungut dan diangkat sebagai anak oleh Bapa Bendesa dan diberi nama I Made  Bendesa. Ida Raden Galuh Daha juga diculik oleh mahluk astral dipungut dan diangkat  oleh Bapa Patih saudara dari Bapa Bendesa. Ida Raden Galuh Daha dipanggil dengan nama I Cempaka Mas. Diceritakan I Cempaka Mas dinikahkan dengan I Made Bendesa dan mempunyai anak laki dan perempuan bernama I Ratnasuara dan I Ratnasari. Diceritakan Ida Raden Galuh Gagelang pergi ka sebuah taman lalu ia jatuh hati kepada I Made Bendesa, namun ditolak oleh I Made Bendesa karna ia sudah memiliki istri. Ida Raden Galuh Gagelang marah lalu mengadu kepada ayahnya kalau ia diperkosa oleh I Made Bendesa. Mendengar hal itu ayahnya pun sangat marah dan memerintahkan prajuritnya untuk membunuh I Made Bendesa.
Diceritakan I Made Bendesa berhasil dibunuh oleh prajurit itu. Sedihlah Ida Bhatara Guru melihat I Made Bendesa dibunuh walau ia tidah salah, disanalah I Made Bendesa dihidupkan kembali dan dikembalikan ke Kerajaan Koripan dan bertemu dengan ibunya. Saat itulah ia menjadi seorang Raja dan mencari istrinya untuk diajak ke Kerajaan Koripan.

TERJEMAHAN :
SATUA I CEMPAKA MAS

Satua I Cempaka Mas, ada sebuah cerita seorang raja Koripan mempunyai seorang anak laki-laki dan seorang raja dikerajaan Daha juga mempunyai seorang anak namun perempuan. Diceritakan Ida Raden Mantri Kahoripan sedang mandi di sebuah taman. Lalu ia diculik oleh makhluk astral, yang menyebabkan ibu dan ayahnya merasa sedih, sehingga ayahnya memerintahkan seluruh prajuritnya mencari Ida Raden Mantri.
Sudah beberapa hari berjalan prajurit yang diperintahkan mencari Ida Raden Mantri belum juga menemukannya. Lalu seluruh prajurit yang diperintahkan itu kembali lagi dan melaporkannya pada raja bahwa pencarian mereka selama ber-hari-hari belum juga membuahkan hasil.
(Tidak diceritakan di Kerajaan Kahoripan), yang sekarang diceritakan Ida Raden Mantri jatuh di Gagelang, di sebuah taman milik Bapa Bendesa. Pada saat itu Bendesa sedang berkeliling-keliling ke taman itu. Di situlah Ida Raden Mantri ditemukan sedang menangis tersendu-sendu. Terkejutlah Bapa Bendesa, dilihatnya ada seorang anak kecil yang sedang menangis disana. Lalu Bapa Bendesa bertanya kepada Ida Raden Mantri “hei anak kecil, siapa kamu?”. “Kenapa kamu menangis, siapa yang mengajak kamu kemari?”. Menjawablah Ida Raden Mantri sambil ia menangis, “bapak, saja hanya anak kecil yang tak tahu dimana rumah saya dan siapa ibu dan ayah saya”. “kalau bapak mau mengangkat saya sebagai anak, saya mau?”. Dijawab oleh bapa Bendesa “iya kalau begitu, diangkatlah Ida Raden Mantri oleh Bapa Bendesa dan dipersaudarakan dengan anaknya Ni Bendesa. Diberi nama I Made Bendesa. Diceritakan Ida Raden Galuh dari kerajaan Daha juga diculik oleh makhluk astral.
(Tidak diceritakan kesedihan di kerajaan Daha), diceritakan Ida Raden Galuh juga jatuh ditaman Gagelang, namun taman tersebut milik Bapa Patih dan diangkat Raden Galuh sebagai anak dipersaudara dengan anaknya bernama I Wayan Patih. Ida Raden Galuh diberinama I Cempaka Mas. Bapa Patih mempunyai keponakan bernama I Denung. Bapa Patih juga bersaudara dengan Bapa Bendesa hanya saja rumahnya berjauhan. Semenjak Bapa Patih dan Bapa Bendesa mengangkat anak mereka semakin kaya saja, yang mengyebabkan I Made Bendesa dan I Cempaka Mas sangat disayang.
Lama kelamaan, diceritakan Meme Patih berkata kepada suaminya : “ayah-ayah, sekarang I Cempaka sudah cukup umur dan pantas untuk menikah, ingin saya agar ia tidak jauh-jauh menikah”. “Ia akan saya nikahkan dengan I Denung”. Bapa Patih lalu menjawab: “ahh…yang benar saja kamu, pikirku bertolak belakang dengan keinginanmu. Inginku I Cempaka Mas aku jodohkan dengan anakku yang dibarat I Made Bendesa”. Begitulah perkataan bapa Bendesa, namun sang istri ingin sekali menjodohkan I Cempaka Mas dengan anaknya I Denung. Karna bertolak belakang keinginannya mereka berdua, Bapa bendesa berkata : “ya..kalau begitu keinginanmu, yang sekarang aku serahkan pada I Cempaka Mas saja. Coba tanyakan padanya, kalau ia mau, terpenuhi keinginanmu, kamu jangan terlalu senang,  kalau tidak, kamu jangan marah”. Kemudian ditanya I Cempaka Mas oleh ibunya, namun ia tidak mau. Membuat marah Meme Patih kepada suami juga I Cempaka Mas. Semenjak itu ditekanlah I Cempaka Mas oleh ibunya dengan banyak pekerjaan.
Sekarang Bapa Patih lalu berbicara kepada Bapa Bendesa, membicarakan tentang anaknya, I Made Bendesa, kalau ia mau, kalau ia ada perasaan kepada I Cempaka Mas, ia akan disuruh menculiknya.  I Made Bendesa sepakat dengan keinginan ayahnya. I Made bendesa mengakui bahwa ia suka dengan I Cempaka Mas dan ia setuju dengan keinginan ayah dan pamannya.
Karena mereka semua sudah sepakat, sore harinya meme Bendesa menuju rumah Bapa patih mencari I Cempaka Mas, akan dipersunting. Diceritakan Meme Bendesa sudah sampai di rumah iparnya, lalu ia berkata kepada I Cempaka Mas. “anaku Cempaka Mas, tolong bantu bibi sebentar menebuk padi”. Iya bik, tunggu dulu, saya izin dulu sama ibu”. Jawab I Cempaka Mas, lalu ia meminta izin kepada ibunya. “iya kesanalah bantu bibimu menebuk padi, jangan lama-lama kamu disana, ini sudah sore, pekerjaan masih banyak”. Jawab ibunya. I Cempaka Mas dan Meme Bendesa bergegas pulang. 
Sesampainya ia dirumah bibiknya, berkalah I Cempaka Mas : bibi, kesanalah ambil hasil panennya, mari kita tebuk padinya, kalau saya terlalu lama disini, nanti saya dimarah dengan ibu saya”. “Sebentar, duduklah dulu, ada sedikit yang ingin dibicarakan”. Lalu I Cempaka Mas duduk diteras rumahnya. Bapa Bendesa dan anaknya juga sudah berkumpul duduk disana. Lalu Meme Bendesa berkata : “ anakku Cempaka Mas, sebenarnya bibi tidaklah benar menumbuk padi. Begini anakku, sebenarnya kamu sudah cukup umur, sudah pantas kamu menikah, ini kakakmu I Made Bendesa layani”. Meme Bendesa berkata seperti itu, disambung oleh Bapa Bendesa : “ya..seperti itulah, ayah sudah mencarikan hari baik apa lagi, mumpung kamu disini, jangan kamu pulang lagi”. Baru didengar seperti itu, kagetlah I Cempaka Mas tak bisa berkata-kata. Berkata lagi Bapa Bendesa : “bagaimana anaku kenapa kamu diam?. Kalau kakakmu ini kamu tidak suka, laki-laki mana yang akan kamu sukai, I Denung?”. Lalu I Cempaka Mas berkata : “ayah, beri dulu saya waktu untuk berpikir barang dua hari atau tiga hari?”. Didengarnya I Cempaka Mas berkata, dijawab oleh Meme Bendesa : “anaku Cempaka Mas, selesaikan saja sekarang, mau kamu tidak penuhi keinginan kamu , apalagi kamu mau penuhi, singkat cerita pokoknya kamu akan ibu kawinkan sekarang”.
Singkat cerita, karena I Cempaka Mas kaget dan ia juga suka dengan I Made Bendesa, I Cempaka Mas pun mau dinikahkan.
Diceritakan sekarang sudah menjelang malam (petang), lalu Bapa Bendesa memberitahukan kepada Bapa Patih, bahwa I Cempaka Mas akan dipersunting oleh I Made Bendesa. Diceritan sudah di terima oleh Bapa Patih dan I Made Bendesa juga sudah dibuatkan upacara seperti orang Bali.
Singkat cerita, diceritakan sekarang I Cempaka Mas sudah mempunyai dua orang anak laki-laki dan perempuan. Anak yang laki-laki lebih besar berumur 4th bernama I Ratna Suara. Adiknya baru berumur 3th  bernama I Ratnasari. Diceritakan sekarang Raden Galuh Gagelang pergi ketaman untuk mandi, diiringi oleh dua orang dayangnya. Disaat perjalanannya pulang dari taman, dilihatnya I Made Bendesa yang sedang berdiam diri di luar area taman. Karena I Made Bendesa tampan ia pun menaruh hati kepada I Made Bendesa. Sesampainya ia di Puri, lalu ia bertanya kepada dayangnya : “bibi…bibi”. “Iya Ratu Dewa Ayu”. “siapa lelaki yang berdiam diri di luar area taman itu?”. “laki-laki banyak yang berkumpul disana, yang mana yang Ratu tanyakan?”. “itu laki-laki yang memakai bunga di sela-sela kupingnya”. “itu anak dari Bapa Bendesa, ia bernama I Made Bendesa”. “kenapa saya baru kali ini melihannya?”. Seperti itu Raden Galuh berkata, lalu ia bergegas menuju tempat tidur dan ia pun tidur, namun ia gelisah, karena hanya I Made Bendesa yang ada dipikirannya.
Sekarang saya merasa bersalah dengan raja. I Made Bendesa berkata seperti itu, namun masih saja Raden Galuh ingin ikut, yang membuat I Made Bendesa diam-diam pergi meninggalkan puri. Setibanya ia di rumah, ia mengadu kepada ibu dan bapaknya, “bapak juga ibu, tadi saya di rayu oleh Raden Galuh. Walaupun saya tidak mau dengan Raden Galuh, tetapi saya merasa takut, pasti saya akan menemui masalah”. I Made Bendesa berkata. Ibu dan bapaknya hanya mendengarkan saja.
Diceritakan Raden Galuh setelah ditolak oleh I Made Bendesa, ia dicakar kucing, hingga banyak mengeluarkan darah, dan ia mengadu kepada ayahnya, sambil ia menangis. “ayah…ayah begitu jahatnya I Made Bendesa, saya diperkosa ingin dinodai tadi, ayah. Sangat lama saya mempertahankan diri sampai badan saya babak belur seperti ini”. Marahlah ayahnya mendengar cerita anaknya seperti itu. “oooh….berani benar I Made Bendesa, sekarang biar dia menananggung dosanya”. Raja berkata dan memerintahkan prajuritnya untuk membunuh I made Bendesa. Berjalanlah prajuritnya mencari I Made Bendesa. Baru diketahui prajurit datang ke rumahnya merasa takutlah mereka semua. Prajurit berkata : “kamu Made Bendesa, saya diperintahkan oleh raja untuk membunuh kamu. Janganlah kamu berpikiran negatif tentang saya, saya hanya menjalankan perintah”. I Made Bendesa menjawab : “baiklah, karena raja yang memerintahkan untuk membunuh saya, apa yang menjadi salah saya?”. “Made untuk masalah itu kamu tidak boleh tahu”. “Baik kalau begitu, saya mau, dimana paman akan membunuh saya?”. “di kuburan, ayo sekarang”. “ayo paman”. Di dengarnya begitu I Cempaka Mas, ibu dan ayahnya pun menangis. Sekarang diajaklah I Made Bendesa ke kuburun oleh prajurit, diceritakanlah oleh ibu, bapak dan istrinya serta saudara-saudaranya semua merasa sedih.
Di ceritakan sudah sampai di kuburan, disana I Made Bendesa ditusuk dengan keris oleh prajurit, namun berkali-kali ditusuk tidak juga ia terluka. Lalu Made Bendesa berkata : “bagaimana, kenapa tidak bisa, tumpulkah ujung keris paman itu itu ?”. Coba ujung ilalang saya pakai, kasihan saya melihat paman sangat lelah”. Berkata I Made Bendesa sambil menyerahkan ilalang itu. Lalu ilalang itu dipakai menusuk I Made Bendesa dan ia pun tersungkur lalu meninggal. Setelah I Made Bendesa tersungkur, diambil dan digendong I Made Bendesa oleh ayahnya dan diajak pulang.
(Tidak diceritakan dijalan), diceritakan sesampainya dirumah, sewaktu itu mayat I Made Bendese lalu digulung, ditaruh di atas tempat mayat atau sering disebut bale gede.
(tidak diceritakan orang-orang menangisinya), diceritakan sekarang Ida Bhatara Guru, sangat sedih melihat I Made Bendesa meninggal karena tidak mempunyai salah. Lalu mayat I Made Bendese ditukarkan dengan mayat seekor ayam. Mayat I Made Bendesa lalu dibawa ka Kerajaan Kahuripan, ditaruhnya di rumah. Disana I Made Bendese di hidupkan kembali. Bhatara Guru lalu kembali ka surga.
Disaat Ida Raden Mantri hidup kembali, ia tidak ingat dengan kejadian-kejadian yang sudah lewat, ia hanya bengong saja di Puri Kahuripan. Diceritakan pada saat itu hari Purnama, anak beliau yang perempuan sembahyang ke Puri, lalu Raden Mantri pun bertemu dengan  anaknya disana. Sudah semalaman ia disana, Raden Mantri pun dipeluknya. “anakku yang ganteng, anak emasku, kapan kamu pulang, kenapa tiba-tiba sudah disini?”. “Bagaimana saya tahu ceritanya, tiba-tiba saya sudah berada disini”. “benar-benar saya bingung”. Jawab Raden Mantri, diajaknya ia keluar mencari ayahnya. Tidak lupa sambutan sang raja dan seluruh pelayan dan prajuritnya.
Diceritakan disaat Ratnasuara sudah berumur 6 tahun , membuatlah ia tari-tarian bersama teman-teman sepermainannnya. Penarinya hanya dua orang Ratnasuara berperan sebagai Panji, adiknya berperan sebagai galuh.Teman-temannya yang lain mengiringinya sebagai pemukul gambelan. Belum lama ia belajar, ia berniat untuk ngelawang, Ratnasuara dan Ratnasari meminta ijin kepada ibunya, akan pergi ngelawang. Ibunya pun mengijinkan.
Sekarang pergilah ia bersama group/kelompok tarinya nglawang. Disetiap desa ada saja yang memintanya untuk menari,. Karna seperti itu, semakin sukalah ia bersama teman-temannya nglawang, sampai tak terasa sangat jauh ia berjalan, jug tk ingin ia kembali pulang. Sampailah ia di kerajaan Kahuripan. Pada saat itu, kebetulan sang raja sedang mengadakan hiburan rakyat, untuk menyambut kedatangan Raden Mantri. “anaku Ratnasuara dan Ratnasuari, bagaimana ceritanya kalian bisa ditandu dan diantar orang banyak”. Tanya ibunya. Dijawablah oleh Ratnasuara : “saya hanya mengiringi Raden Mantri kesini. Kenapa saya ditandu, karna saya diakui sebagai anaknya. Yang membuat ia kemari, karna ia mau menjemput ibu untuk diajak ka Kahuripan”. “kenapa beliau bicara sembarangan seperti itu, mau mengajak ibu apa maksud omonganmu itu anaku?”. “iya..karna seperti itu kata beliau, ibu adalah istri beliau”. Berkatalah Raden : “adinda Cempaka Mas, janganlah kamu melupakanku, kakandalah suami adinda”. Cempaka Mas pun menjawab “ Raden Mantri, janganlah raden seperti itu, kenapa segampang itu raden mengakui saya sebagai istri, suami saya sudah lama meninggal. Itu buktinya dibalai itu mayatnya digulung”. “baik adinda, kalau adinda tidak percaya, cobalah kesana periksa mayat suami adinda. Suami adinda hidup kembali, kakandalah suami adinda”. Lalu Raden Mantri menceritakan perjalanan hidupnya dari ia kecil sampai ia meninggal karna raja Gegelang.
 Baru diperiksa mayat suaminya, benarlah mayat itu tidak ada. Sekarang, karna cerita Raden Mantri tidak ada yang keliru sedikit pun, dan jika dilihan wajahnya sangat mirip, barulah Cempaka mas percaya. “baik kakanda Raden Mantri, sekarang aku percaya dengan perkataan kakanda. Yang sekarang apa maksud kakanda?”. “adindan, kembalilah adinda ke Kahuripan. Ibu dan ayah juga, kemarilah ikut ke Kahuripan, diamlah disa bersamaku”. Berkatalah Bapa Bendesa dan Meme Bendesa ; “baiklah kami ikut bersama Raden Mantri”. Bergegaslah mereka bersiap-siap. Setelah usai bersiap-siap, lalu Raden Mantri kembali ke Kahuripan. Cempaka Mas dan anak-anaknya ditandu, sedangkan Raden Mantri menunggangi kuda.
(tidak diceritakan dijalan), diceritakan sekarang sudah sampai di Kerajaan Kahuripan, lalu kedatangannya disambut dengan Gong dari Puri. Setelah mereka datang di Puri, Raja dan Permaisuri merasa sangat senang. Disaat semuanya sudah dapat beristirahat, karena wajah Cempaka Mas terlihat bersinar, lalu ditanyakan lebih mendalam tentang status kebangsawanan Cempaka Mas. Dan ia mengaku bahwa ia adalah anak dari Raja dikerajaan Daha. Sang Raja dan Permaisuri pun bertambah bahagia lagi dan bergegas mereka mengirim utusan ke kerajaan Daha,  memberitahukan kepada Raja daha.
Singkat cerita, Raja Daha dan Permaisuri lalu berkunjung ke Kerajaan Kahuripan, agar bertemu dengan anak dan cucu mereka. Diceritakan setibanya mereka di Kerajaan Kahuripan, tidak diceritakan kebahagiaan mereka, setelah mereka lama disana, mereka pun kembali pulang.   

ANALISIS SATUA I CEMPAKA MAS BERDASARKAN UNSUR INTRINSIK :
Unsur intrinsik ialah unsur yang menyusun sebuah karya sastra dari dalam yang mewujudkan struktur suatu karya sastra.
1.             Judul                                       : I Cempaka Mas
2.             Tema                                       : Percintaan
3.             Alur/Plot                                 : Maju
Karena peristiwa yang terjadi pada satua tersebut berjalan sesuai urutan waktu yang maju tanpa adanya cerita tentang peristiwa waktu yang sebelumnya/ yang pernah terjadi sebelumnya.
4.             Sudut Pandang                       : Orang Ketiga Serba Tahu
Dalam sudut pandang ini, cerita dikisahkan dari sudut ”dia”, namun pengarang, narator dapat menceritakan apa saja hal-hal yang menyangkut tokoh ”dia” tersebut. Narator mengetahui segalanya, ia bersifat mahatahu (omniscient). Ia mengetahui berbagai hal tentang tokoh, peristiwa, dan tindakan, termasuk motivasi yang melatarbelakanginya. Ia bebas bergerak dan menceritakan apa saja dalam lingkup waktu dan tempat cerita, berpindah-pindah dari tokoh ”dia” yang satu ke ”dia” yang lain, menceritakan atau sebaliknya ”menyembunyikan” ucapan dan tindakan tokoh, bahkan juga yang hanya berupa pikiran, perasaan, pandangan, dan motivasi tokoh secara jelas, seperti halnya ucapan dan tindakan nyata.

5.             Latar/Setting                          :
a)             Tempat                          :
Ø   Kerajaan Koripan         
Sudah beberapa hari berjalan prajurit yang diperintahkan mencari Ida Raden Mantri belum juga menemukannya. Lalu seluruh prajurit yang diperintahkan itu kembali lagi dan melaporkannya pada raja bahwa pencarian mereka selama ber-hari-hari belum juga membuahkan hasil.
Mayat I Made Bendesa lalu dibawa ka Kerajaan Kahuripan
Ø    Di Gegelang di sebuah taman
…..sekarang diceritakan Ida Raden Mantri jatuh di Gagelang, di sebuah taman milik Bapa Bendesa.
diceritakan Ida Raden Galuh juga jatuh ditaman Gagelang, namun taman tersebut milik Bapa Patih
Diceritakan sekarang Raden Galuh Gagelang pergi ketaman untuk mandi…
Ø   Rumah Bapa Patih
….meme Bendesa menuju rumah Bapa patih mencari I Cempaka Mas
Ø   Rumah Made Bendesa
Berjalanlah prajuritnya mencari I Made Bendesa. Baru diketahui prajurit datang ke rumahnya…..
Ø   Di Kuburan
Di ceritakan sudah sampai di kuburan, disana I Made Bendesa ditusuk dengan keris oleh prajurit, namun berkali-kali ditusuk tidak juga ia terluka.

b)             Waktu
Ø   Sore Hari
…..sore harinya meme Bendesa menuju rumah Bapa patih mencari I Cempaka Mas, akan dipersunting.
Ø   Petang
Diceritakan sekarang sudah menjelang malam (petang), lalu Bapa Bendesa memberitahukan kepada Bapa Patih, bahwa I Cempaka Mas akan dipersunting oleh I Made Bendesa.
Ø   Purnama
Diceritakan pada saat itu hari Purnama, anak beliau yang perempuan sembahyang ke Puri, lalu Raden Mantri pun bertemu dengan  anaknya disana.

c)             Suasana
Ø   Mengaharukan
“Baik kalau begitu, saya mau, dimana paman akan membunuh saya?”. “di kuburan, ayo sekarang”. “ayo paman”. Di dengarnya begitu I Cempaka Mas, ibu dan ayahnya pun menangis.
Ø   Bahagia
Setelah mereka datang di Puri, Raja dan Permaisuri merasa sangat senang.
Disaat semuanya sudah dapat beristirahat, karena wajah Cempaka Mas terlihat bersinar, lalu ditanyakan lebih mendalam tentang status kebangsawanan Cempaka Mas. Dan ia mengaku bahwa ia adalah anak dari Raja dikerajaan Daha. Sang Raja dan Permaisuri pun bertambah bahagia lagi dan bergegas mereka mengirim utusan ke kerajaan Daha,  memberitahukan kepada Raja daha.

6.             Penokohan
Adapun tokoh serta wataknya yang terdapat pada Satua tersebut adalah. :
Ø   I Cempaka Mas, wataknya penurut, berbakti pada orang tua dan suka menolong.
Diceritakan Meme Bendesa sudah sampai di rumah iparnya, lalu ia berkata kepada I Cempaka Mas. “anaku Cempaka Mas, tolong bantu bibi sebentar menebuk padi”. Iya bik, tunggu dulu, saya izin dulu sama ibu”. Jawab I Cempaka Mas, lalu ia meminta izin kepada ibunya.
Ø   I Made Bendesa, wataknya setia.
Setibanya ia di rumah, ia mengadu kepada ibu dan bapaknya, “bapak juga ibu, tadi saya di rayu oleh Raden Galuh. Walaupun saya tidak mau dengan Raden Galuh, tetapi saya merasa takut, pasti saya akan menemui masalah”. I Made Bendesa berkata.
Ø   Ratnasuara dan Ratnasari, wataknya berbakti kepada orang tua dan kreatif.
Diceritakan disaat Ratnasuara sudah berumur 6 tahun , membuatlah ia tari-tarian bersama teman-teman sepermainannnya. Penarinya hanya dua orang Ratnasuara berperan sebagai Panji, adiknya berperan sebagai galuh.Teman-temannya yang lain mengiringinya sebagai pemukul gambelan. Belum lama ia belajar, ia berniat untuk ngelawang, Ratnasuara dan Ratnasari meminta ijin kepada ibunya, akan pergi ngelawang. Ibunya pun mengijinkan.
Ø   Meme Patih dan Raden Galuh Gagelang, wataknya ambisius.
Meme Patih berkata kepada suaminya : “ayah-ayah, sekarang I Cempaka sudah cukup umur dan pantas untuk menikah, ingin saya agar ia tidak jauh-jauh menikah”. “Ia akan saya nikahkan dengan I Denung”. Bapa Patih lalu menjawab: “ahh…yang benar saja kamu, pikirku bertolak belakang dengan keinginanmu. Inginku I Cempaka Mas aku jodohkan dengan anakku yang dibarat I Made Bendesa”. Begitulah perkataan bapa Bendesa, namun sang istri ingin sekali menjodohkan I Cempaka Mas dengan anaknya I Denung. Karna bertolak belakang keinginannya mereka berdua, Bapa bendesa berkata : “ya..kalau begitu keinginanmu, yang sekarang aku serahkan pada I Cempaka Mas saja. Coba tanyakan padanya, kalau ia mau, terpenuhi keinginanmu, kamu jangan terlalu senang,  kalau tidak, kamu jangan marah”. Kemudian ditanya I Cempaka Mas oleh ibunya, namun ia tidak mau. Membuat marah Meme Patih kepada suami juga I Cempaka Mas. Semenjak itu ditekanlah I Cempaka Mas oleh ibunya dengan banyak pekerjaan.
Diceritakan Raden Galuh setelah ditolak oleh I Made Bendesa, ia dicakar kucing, hingga banyak mengeluarkan darah, dan ia mengadu kepada ayahnya, sambil ia menangis. “ayah…ayah begitu jahatnya I Made Bendesa, saya diperkosa ingin dinodai tadi, ayah. Sangat lama saya mempertahankan diri sampai badan saya babak belur seperti ini”.
Ø   Bapa Patih dan Bapa Bendesa, suka menolong dan bijaksana.
Terkejutlah Bapa Bendesa, dilihatnya ada seorang anak kecil yang sedang menangis disana. Lalu Bapa Bendesa bertanya kepada Ida Raden Mantri “hei anak kecil, siapa kamu?”. “Kenapa kamu menangis, siapa yang mengajak kamu kemari?”. Menjawablah Ida Raden Mantri sambil ia menangis, “bapak, saja hanya anak kecil yang tak tahu dimana rumah saya dan siapa ibu dan ayah saya”. “kalau bapak mau mengangkat saya sebagai anak, saya mau?”. Dijawab oleh bapa Bendesa “iya kalau begitu, diangkatlah Ida Raden Mantri oleh Bapa Bendesa dan dipersaudarakan dengan anaknya Ni Bendesa.
…..diceritakan Ida Raden Galuh juga jatuh ditaman Gagelang, namun taman tersebut milik Bapa Patih dan diangkat Raden Galuh sebagai anak dipersaudara dengan anaknya bernama I Wayan Patih. Ida Raden Galuh diberinama I Cempaka Mas.
Bapa bendesa berkata : “ya..kalau begitu keinginanmu, yang sekarang aku serahkan pada I Cempaka Mas saja. Coba tanyakan padanya, kalau ia mau, terpenuhi keinginanmu, kamu jangan terlalu senang,  kalau tidak, kamu jangan marah”.
Sekarang Bapa Patih lalu berbicara kepada Bapa Bendesa, membicarakan tentang anaknya, I Made Bendesa, kalau ia mau, kalau ia ada perasaan kepada I Cempaka Mas, ia akan disuruh menculiknya.  I Made Bendesa sepakat dengan keinginan ayahnya. I Made bendesa mengakui bahwa ia suka dengan I Cempaka Mas dan ia setuju dengan keinginan ayah dan pamannya.
Ø   Meme Bendesa, wataknya lemah lembut.
 “Sebentar, duduklah dulu, ada sedikit yang ingin dibicarakan”. Lalu I Cempaka Mas duduk diteras rumahnya. Bapa Bendesa dan anaknya juga sudah berkumpul duduk disana. Lalu Meme Bendesa berkata : “ anakku Cempaka Mas, sebenarnya bibi tidaklah benar menumbuk padi. Begini anakku, sebenarnya kamu sudah cukup umur, sudah pantas kamu menikah, ini kakakmu I Made Bendesa layani”.
7.             Amanat
Sebagai manusia kita hendaknya selalu berkata jujur, setia pada perkataan dan perbutan. Selalu beryukur atas apa yang kita alamai dan jalani. Janganlah terlalu ambisius, karna ambisi dan ego akan menyakitkan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar