ANALISIS LONTAR SATUA I CEMPAKA MAS
Judul Naskah : I Cempaka Mas
No. Naskah : Kode VIB - No.
Lontar 2067 – No.Keropak 10
Tempat Penyimpanan Naskah : Gedung Krtya
Asal Naskah : Puri Kaleran Kaba-kaba Kediri
Tabanan
Keadaan Naskah : Baik
Ukuran Naskah :
Panjang : 41,5 cm
Lebar : 4 cm
Ruang
Tulisan : 25,5 cm : 23,5 cm
Tebal
Naskah :
14 lembar
Jumlah
Baris :
4 baris
Huruf/Aksara
yang digunakan : Aksara Bali
Ukuran
dan Bentuk Huruf : Kecil
Bentuk
Tulisan : Tegak
Cara
Penulisan :
Bulak-balik
Bahan
Naskah :
Daun Rontal
Bentuk
Teks :
Satua
Umur
Naskah :
157tahun (1857masehi)
Identitas
Pengarang : -
Asal-usul : Di
dapat dari membeli
Fungsi : Sebagai
Contoh Agar Selalu Berbuat Baik
Kalimat
Awal : Satua
I Cempaka Mas. Ada kone tuturan satua, Ida Sang Prabu Koripan madue oka lanang
adiri. Ida Sang Prabu Daha madue masih oka adiri, nanging istri.
Kalimat
Akhir : Kacarita
di subane Ida rauh di Puri Koripan, tan kacaritanan buat kaledanga Idane,
kacarita suba makelo Ida ditu, lantas Ida mantuk. Puput.
ALIH AKSARA :
SATUA I CEMPAKA MAS
Ada kone
tutur-tuturan satua, Ida Sang Prahu koripan madue oka lanang adiri, Ida Sang
Prabhu daha madue oka masih adiri, nanging istri. Kacerita Ida Raden Mantri
Koripen sedek Ida masiram di taman. Lantas Ida plaibang papeteng mawinan
sungsut lantas Ida Sang Prabhu kalih pamisuari, lantas Ida nedung panjak
kapangendikaang ngaruruk Ida Raden Mantri.
Yen kanti suba
akudang dina makelon panjake ne ngaruruh Ida Raden Mantri masih tusing
tepukina. Lantas pada malipetan matur teken Ida Sang Prabhu, ngaturang buat
pajalane tan mapikolih.
Tan kacerita di
koripan, kacerita Ida Raden Mantri ulung kone Ida di gagelang, di tatenamane
bapa bandesa. Nujuang dugase ento bapa bendesa, kakita ngelidang ka tamane.
Dadi tepukina lantas Ida Raden Nantri ditu nangis mangilngilan. Beh sang kane
tengkejut bapa ban desane mare dapetange anak cenik ngalih ditu. Takonina
lantas Ida Raden Mantri, olih jero anak alit, nyen jerone ?. kanape dadi
ngeling, nyen ngajakjerone mai ?. masaut Ida Raden mantra, sambilang ida nangis
: jero-jero anak lingsir tiang dadi jadma lacur nenten nawang adan muah
meme-bapa. Sira kaden ngajak tiang mariki, awinan tiang deriki nenten karoan
ban tiang. Ngomong bapa bandesa, lamun keto, cenk nyak duduk bapa ? Nggih,
wenten je olas bapa ring tiang, tiang nyak, nah den ing keto, dudukang lantas
ida raden mantra teken bapa bandesa.panyamahange teken panakne I Bandesa. Ida
Raden Mantri Kahuripan kene ni bandesa. Jani kacerita ida raden galuh baha,
sedek ida di taman masih ida palaibang pepeteng.
Tankacerita kasusutang
sahisin Purine dibaha, kacerita ida raden
Galuh ulung kone Ida masih ida gagelang, nanging di tamane bapa patih
tur duduka teken bapa patih, panyamahane teken panakne, I wayan patih. Ida
Raden Galuh kakahukin kone I cempaka mae. Bapa patih ngelah kone ye kaponakan
muani, raden I demung, bapa patih iya manyama teken bapa bandesa, nanging
umahne majohan. Sasukat bapa patihe muah bapa bendesane pada maan nuduk anak
cenik, nyugihan kone lantasya, mawinang pada
ka sayangan imade bandesa muah I cempaka mas. Kasuwen-suwen, kacerita
meme patih ngomong teken kurenane, bapane, bapane, nah jani sawireh I cening
suba bajang tur suba pantes mapumahan, kemah icang, ajake I demung.
Masaut ane muani, beh benengan tenenan, keneh akene matungkas
teken nyet nyaine. Keneh akene, ya icempaka mas, lakar atepang tekening icening
badauh, I made bandesa. Keto abetne bapa patih karang kone kenehne ane luh, I
cempaka mas apang makurenan teken I demun. Ben ing keto, keto lantas abetne ane
muani, nah keto ja nyet nyaine, jani lakal paserahang. Nyetne I Cempaka Mas dogen. Tegarang ye tari,
lamun ya nyak, mahisi ya nyet nyaine, da nyai kendel. Ditu singa de nyai sebet.
Dadianya tarima lantas I cempaka mas teken meme patih, nanging tusing kone ya
nyak. Mawanan pedih lantas meme patih teken kurenane muah teken I Cenpaka mas.
Uli sekat ento kone I cempaka mas sehase pesan aji gagaen teken memene. Jani
mapahitungan lantas bapa patih ajaka bapa bendese, ngitungan panakne, I made
bandesa, langsung ya nyak, ada nyete teken I cempaka mas, lakar tundena ngajuk.
Dadi tarima lantas imade bandesa teken bapane buka keto. I made bandesa
ngorahang demen teken I Cempaka Mas, tur ya satinut teken itungan bapane muah
reramane.
Nah den ing suba
cukup itungane dituajake makejang, nyanan sanjane, kama lantas meme bandasa ka
umahne bapa patih ngalih I Cempaka Mas, lakar apusa. Kacerita meme bandesa sube
nangked umah ipahne, agemeng lantas ya, teken I Cempaka Mas ’’cening cempaka
mas, tulungin je meme nyasah akejep’’. ‘’ngih mangkin dumun, tiang morahan malu
teken I meme”. Keto abetne I cempak mas, lantas ia moraan teken memene. “nah
kemu tulungin bibin nyaine nyasah, nyen de mekelo cening ditu, ne suba sanje
gagene nu liu”. Keto abet memene, majalan lantas I cempaka mas ajaka memene
bandesa.
Nah di subane
nangked jumahne, ngomong kone lantas I cempaka mas, “ meme, dong marika jemak
punane, jalan suba nyasah, nyen bas makelo tiang dini, payu welangenyen tiang
teken memen tiange”. “enden malu, mai negak ada omongang abedik”. Negak lantas
I cempaka mas di ampike. Bapa bandesa muah pianakne ajake dadua suba kene
mapunduh ditu. Ngomong lantas meme bandesa : “cening cempaka mas, sasajane meme
anak sing ja nyasah. Nah kene cening, den ing cening suba madan daha, tur suba
pantes net meme cening makurenan, nah ne balin ceninge I made suba ayahin”.
Keto abetne meme bandesa, lantas tulurina kone buin teken bapa bandesa : “nah
keto suba bapa sing ja ngalih dewasa apa buin, kadong cening suba dini, de sube
cening mulih”. Mara keto, dadi kamenengan kone I cempaka mas, makelo babana
tusing pesu-pesu omong. Ngomong buin bapa bandesa:’’ cening ken-ken dadi cening
mendep ?. yen belin ceninge dini tra demenin cening, men nyan lakar kademenin I
Demung?” ngomong lantas I cempaka mas: “beh, icen ja tiang makeneh nyang duang
wai, telung wai napi ?” mara ambul to I cempaka mase, sahutine kone teken imeme
bandesa:” cening cempaka mas, jani suba pragatang, jet cening sing ngisinin pa
munyin memene ajak mekejang, apa buin ngisinin, bawakne cening bakal pendet
meme dini.”
Nah gelis ing satus,
den ing I cempaka mas, kabelbelan tur masihmisi dementeken I made bandesa, dadi
nyak bakal I cempaka mas.
Kacerita jani
suba liwan teken sandikaon, lantas I bapa bendesa nyalanang pajati ka umah I
bapa patih, nyatiang buat I cempaka mase juanga teken I made bandesa. Nah
kaceritenan katampi kone sube pajatine, tur I Made Bandesa sube kone gaenanga
banten babali.
Gelisin satua,
makelo-makelo, kacerita I Cempaka Mas suba kone ngelah panak luh muani. Ane
muani kelihan, mara matuuh kutus oton, madan I ratna smara, adine mare matuuh
limang oton, madan iratna sari. Jani kacerita raden ida raden galuh gagelang
lunga ka taman masucian, kairing ban panjeroan idane duang diri. Di mantuk
idane uling taman, panggihin ida kone I made bandesa sedel: nganggur di bancingah,
sawireh imade bandesa anak bague, dadi makleteg bayun idane buduh, teken imade
bandesa. Di subane ida raden galuh rauh di puri, mataken lantas ida taken
panjeroan idane:” meme ngemben, meme ngemben”. “titiang ratu dewa ayu”. “nyen
ento anake muani ane nganggur di bancingah ?”. “ anak muani makeh irika
nganggur, sane encenan takenang cokor idewa.” “ento ane mabunga di kuping”. “
pianak bapa bandesa ratu dewa ayu, madan ipun made bandesa”. “dadi tumben ja
nira nepukin”. Keto pangandikan raden galuh, lantas ida ngaranjing ka pasraman
tur lantas ida marem. Nanging ida uyang, krana I made bandesa bengenne elingang
ida.
Samaliha titian
ajrih pisan ring ajin Cokor I Dewa”. Suba keto atur I Made Bandesa, masih
sareng kone pakayunan Ida Raden Galuh, mawanan mrodos, lastas imade bandesa
mapamit. Disubane teked jumah, morahan lantas ye teken meme bapane:, “bapa
kalih meme, napi tiang lemesina itunian di puri teken ida raden galuh. Sawireh
ajering tiange, tonden pragat pasraman idane, suba titian ma pamit, jet titian
tusing ka iring ja kayun I dane, selang selang masi keneh tiange, pedas suba
tiang lakar nepukin jele”. Keto munyin I made bandesa, cengeh cengeh dogen kone
meme bapane.
Kacerita jani ida
raden galuh, sapakalah imade bandesane, lantas rengesina maong kone ragan
idane, kanti macuab-cuab pesu getih, tur lantas ida matur teken ajin idane,
sambilang ida nangis:. Ratu guru aji dong beler pisan je nika I raden bandesa,
tiang je kone nagih jelekange itunian, guru-aji. Makelo bentiang
magujeg-gujegan kanti kene babak belur awak tiange”. Mare keto atur raden ida
galuh tur saje ragan idane babak telah babak belur magetih-getih, dadi banan
pesan lantas ida sang prabhu. Pah langgia pesan imade bandesa, nah jani apang
misina dosane. Keto pangandikan ida sang prabhu, lantas ida ngandikang juru
suduke ngematiang imade bandesa. Majalan lantas I juru suduk ngalih I made
bandesa. Mara ijuru suduk teka di umahne imade bandesa, jejeh kone lantas ditu
ajaka makejang. Ngomong ijuru suduk.” Cai I made bandesa, bapa kapangandikahang
ban ida sang prabhu ngematiang cai. Da nyan kenken idep caine teken bapa, bapa
anak dadi utusan”. Masaut I made bandesa. “ inggih bapa, mawinan ida sang prabhu ngandikaang bapa
ngamatiang titian, napi kocap sisip tiange ?”. “made buat ento tusing dadi bapa
nawang”. “ inggih yen sapunika, tiang ngiring, dija bapa lakar ngamatiang
titian ?”. “di seme jalan jani majalan”
“inggih margi” mare keto, ngeling kone icempaka mas muah meme bapane. Jani
jalan lantas imade bandesa ka same teken ijuru suduk, tututina teken meme-bapa,
kurenene muah nyama-nyamane tur makejang pada sedih.
Kacerita di suba nangked di sema, ditu lantas
imade bandesa katenel: ban kadutan teken ijuru suduk, nanging kanti benkude
kuda tabeke imade bandese masi tusing belur. Ditu lantas ngomong imade bandesa
: “sampunapi dados ten ngidahang mintulin kadutan bapane, tapak minawi muncukne
?. indayang niki muncuk lalang tiange anggen, padalem tiang bapa jeg kene tuyuh
pesan” keto abetne imade bandesa saha nyerahang kadutane. Ento lantas anggon
nebek I made bandesa, lantas ajaka mulih. Tan kaceritadi jalan, kacerita
disubane nenggked jumahne, disubane ento kone bangken imade bandesane lantas
gulunga, pejage kone di bale gedene. Tan kacerita anake mangling I Made
bandese, kacerita jani ida batara guru, anggen pesan pekayunan idane nyingakin
imade bandesa kahilangang, bane ya tusing ngelah salah. Mawanan kasilurin
lantas bangken imade bandese. Ento bangken jero bandesane abane lantas ka
karipan,ganahanga di pamerajan idane. Ditu imade bandesa lantas uripa. Ida
batara lantas mantuk ka suargan. Disubane ida raden mantri nyeneng, dadi
tra-elingkone ida teken indik idane ane suba liwat, teken kileng-kileng dogen
ida ditu di pamerajan. Kacerita dugase ento sedek purnama. Kamerajan kone ida
parama suari okana Ida maturan, dadi kapanggihin dados okan idane ditu. Be ape
aeng kone ledang idane, ida raden mantra lantas kasahup. “ anak bagus, mas
titiange I dewa, ne ipidan nanak mantuk, dadi nget anak suba dini?” masahut ida
raden mantris, sapunapi kaden indik tiange, dadi teke tiang suba deriki. Beh
tenkaroan napi antuk tiang”. Keto atur ida raden mantra, ajaka lantas ida ka
jabahan parak teken ajine. Tan kacepang kaledangan ida sang prabhu muah sehisin
purine makejang.
Kacerita di subane di ranna sari, matuuh msm
tiban, lantas iya ingel ingelan ajaka timpal-timpalne paturu cerik. Juru
ingelne tuah dudus, I ratna smara dadipanji, adine kone dadi galuh. To timpal
timpalne dadi juru gambel. Tonden amongken mekelo mahuruk, dadi ade nyeta lakar
ngalawang. Moraan kone lantas I ratnasari teken memene, lakar luas ngelawang.
Memene ngelegehin.
Jani luas lantas
igel igelane ngalawang. Sebilang desa ada dogen anak ngupah, den ing keto,
nemenang dogen kone sekehane ngelawang, kanti suba joh kone pajalane, masih
tusing makeneh matulak. Jani teked kone lantas di koropan. Dugase ento, nuju
ida sang prabhu ngadahang rame-rame, reh ida ngadelin ida raden mantra. Cening
ranna smara ratnasmara, ne kenken unduk ceninge dadi manten turahang anak ajaka
liu. Keto patakon memene, masahut lantas I ratna smara :” tiang anak ngiringang
Ida raden mantra koripan nika mariki. Sangkal tiang mategen, anak tiang
sangkanin ida oka. Mawangun ida rauh mai, anak ida ngambil meme lakar ajaka
mantuk ka karipan” “ye, dadi ida ngawag awag, ngambil meme kenken ja ameng
ceninge ?” “inggih, anak kenten pangandikan idane, kame kone ida madue rabine”
jani ngandika lantas ida raden mantri. “adi cempaka mas, de je adi tandruh,
beli suba kurenan adine”. Matur icempaka mas, “ ratu raden mantra, sampunang cokor
iratu sapunika, dadi papak akuhin cokor iratu rabi, kurenan titiang sampun padem. Punika napi kantun ring balene magulung”. Nah adi, lamun
adi tuara ngugu, tegarang kemu balihin bangken kurenan adine. Kurenan adi suba
idup, beli suba kurenan adine”. Lantas tuuang ida indik idane uling alit kanti
kehilangang ban ida sang prabhu gagelang.
Mare balihina
bangken kurenane, sajaan kone tusing ada, nah jani, den ing tutur ida raden
mantrine tusing ada lempas nyang abedik, tur yen iribang di warna masih ya, mare
ye kone I cempaka mas ngugu. Inggih ratu raden mantri, ne cingakin titian
ngega, sampun mapangandikaan cokor iratu. Inggih sane mangkin sapunapi
pikayunan cokor iratu”. Nah jani adi jalan mangkin ka kahoropan. Muah ne I bapa
I meme pada, jalan bareng kemu, ditu nongos ajak tiang.” “matur bapa bandesa
luhmuani:” “inggih titian sahiring ratu raden mantri”. Suba jani keto jani
madabdaban lakar mamargi. Nah sube jani pragat mataki taki, lantas ida raden
mantra sanggrehan mamargi. I cempaka mas muah paraputrane matikul, ida raden
mantra ngelinggihin jaran.
Tan kacerita ida
margi, kaceritanan jani suba Nampak di kahuripan, lantas rauh pamedek iringang
ngong uli di puri. Disubane rauh di puri, ledang pesan kone ida sang prabhu,
kalih paremisuari, nah di subane pada polih mategtegan, den ing warnan I
cempaka mas nakonin buat kawang sane. Dadi ngaku lantas ida Rajang putran daha.
Mawinan mawuwuh-wuwuh kone kaledang ida sang prabhu kalih pareme suar, tur
prejani, pesan lantas ida ngamargiang utusan ka daha, matur uninga teken ida
sang prabhu. Gelisin satua, ida sang prabhu daha kalih paremesuari lantas
lunga, ka karipan, praya mapanggih ring putran miwah putun ida. Kacerita di
subane ida rauh di puri koripan, tan kaceritanan buat kaledangan idane,
kecerita sube keto ida ditu, lantas ida mantuk.
Sinopsis/Ringkasan
Secara Singkat :
Kacaritaang Ida Sang Prabu kahuripan madue oka lanang adiri mapesengan
Ida Raden Mantra. Ida Sang Prabu Daha madue masi oka adiri nanging istri
mapesengan Ida Raden Galuh Daha. Kacrita Ida Raden Mantri pelaibang anak saking
peteng risedek ida masiram ring taman.
Lantas Ida kaduduk olih bapa bendesa kaadanin I Made Bendesa. Ida Raden Galuh
Daha masih plaibange teken anak saking peteng tur kaduduk olih bapa patih
nyamane bapa bendesa, Ida Raden Galuh ka kauikin I Cempaka Mas. Kacrita I
Cempaka Mas keantenang ngajak I Made bendesa tur nglah pianak dadua luh muani
madan I ratna swara muah I ratna sari. Kacrita ida Raden Galuh lunga ka taman
ditu lantas ida jatuh hati teken I Made Bendesa, nanging katolak olih I Made
Bendesa sawireh Ida sampun madue istri. Ida Raden Galuh sebet lantas morahan
teken aji idane orahange I Made Bendesa marikosa ragane. Ditu lantas aji idane
bendu tur ngandikaang juru siduke ngamatiang I
Made Bendesa.
Kacrita I Made Bendesa kapademang olih
juru siduke. Ida Bhatara Guru angen pakayunane nyingakin I Made Bendesa padem
tanpa madue salah, ditu lantas I Made Bendesa uripa tur kawaliang ring pamrajan
kahoripan tur tepukina teken ibu nyane. Irika lantas ragane nyeneng ratu tur
ngalereh istri lan oka nyane kaajak ring puri kahoripan.
Sinopsis/Ringkasan Secara
Singkat Bahasa Indonesia :
Diceritakan Ida Sang Prbu Koripan mempunyai seorang anak
laki-laki bernama Raden Mantra. Ida Sang Prabu Daha juga mempunyai seorang anak
nmun perempuan bernama Ida Raden Galuh Daha. Diceritakan Ida Raden Mntri
diculik oleh mahluk astral saat ia sedang mandi di sebuah taman pemandian. Lalu
ia dipungut dan diangkat sebagai anak oleh Bapa Bendesa dan diberi nama I
Made Bendesa. Ida Raden Galuh Daha juga
diculik oleh mahluk astral dipungut dan diangkat oleh Bapa Patih saudara dari Bapa Bendesa.
Ida Raden Galuh Daha dipanggil dengan nama I Cempaka Mas. Diceritakan I Cempaka
Mas dinikahkan dengan I Made Bendesa dan mempunyai anak laki dan perempuan
bernama I Ratnasuara dan I Ratnasari. Diceritakan Ida Raden Galuh Gagelang pergi ka sebuah taman lalu ia jatuh hati kepada I Made
Bendesa, namun ditolak oleh I Made Bendesa karna ia sudah memiliki istri. Ida
Raden Galuh Gagelang marah lalu mengadu kepada
ayahnya kalau ia diperkosa oleh I Made Bendesa. Mendengar hal itu ayahnya pun
sangat marah dan memerintahkan prajuritnya untuk membunuh I Made Bendesa.
Diceritakan I Made Bendesa berhasil dibunuh oleh prajurit
itu. Sedihlah Ida Bhatara Guru melihat I Made Bendesa dibunuh walau ia tidah
salah, disanalah I Made Bendesa dihidupkan kembali dan dikembalikan ke Kerajaan
Koripan dan bertemu dengan ibunya. Saat itulah ia menjadi seorang Raja dan
mencari istrinya untuk diajak ke Kerajaan Koripan.
TERJEMAHAN :
SATUA I CEMPAKA MAS
Satua I Cempaka Mas, ada
sebuah cerita seorang raja Koripan mempunyai seorang anak laki-laki dan seorang
raja dikerajaan Daha juga mempunyai seorang anak namun perempuan. Diceritakan
Ida Raden Mantri Kahoripan sedang mandi di sebuah taman. Lalu ia diculik oleh
makhluk astral, yang menyebabkan ibu dan ayahnya merasa sedih, sehingga ayahnya
memerintahkan seluruh prajuritnya mencari Ida Raden Mantri.
Sudah
beberapa hari berjalan prajurit yang diperintahkan mencari Ida Raden Mantri
belum juga menemukannya. Lalu seluruh prajurit yang diperintahkan itu kembali
lagi dan melaporkannya pada raja bahwa pencarian mereka selama ber-hari-hari
belum juga membuahkan hasil.
(Tidak
diceritakan di Kerajaan Kahoripan), yang sekarang diceritakan Ida Raden Mantri
jatuh di Gagelang, di sebuah taman milik Bapa Bendesa. Pada saat itu Bendesa
sedang berkeliling-keliling ke taman itu. Di situlah Ida Raden Mantri ditemukan
sedang menangis tersendu-sendu. Terkejutlah Bapa Bendesa, dilihatnya ada seorang
anak kecil yang sedang menangis disana. Lalu Bapa Bendesa bertanya kepada Ida
Raden Mantri “hei anak kecil, siapa kamu?”. “Kenapa kamu menangis, siapa yang
mengajak kamu kemari?”. Menjawablah Ida Raden Mantri sambil ia menangis,
“bapak, saja hanya anak kecil yang tak tahu dimana rumah saya dan siapa ibu dan
ayah saya”. “kalau bapak mau mengangkat saya sebagai anak, saya mau?”. Dijawab
oleh bapa Bendesa “iya kalau begitu, diangkatlah Ida Raden Mantri oleh Bapa
Bendesa dan dipersaudarakan dengan anaknya Ni Bendesa. Diberi nama I Made
Bendesa. Diceritakan Ida Raden Galuh dari kerajaan Daha juga diculik oleh
makhluk astral.
(Tidak
diceritakan kesedihan di kerajaan Daha), diceritakan Ida Raden Galuh juga jatuh
ditaman Gagelang, namun taman tersebut milik Bapa Patih dan diangkat Raden
Galuh sebagai anak dipersaudara dengan anaknya bernama I Wayan Patih. Ida Raden
Galuh diberinama I Cempaka Mas. Bapa Patih mempunyai keponakan bernama I
Denung. Bapa Patih juga bersaudara dengan Bapa Bendesa hanya saja rumahnya berjauhan.
Semenjak Bapa Patih dan Bapa Bendesa mengangkat anak mereka semakin kaya saja,
yang mengyebabkan I Made Bendesa dan I Cempaka Mas sangat disayang.
Lama
kelamaan, diceritakan Meme Patih berkata kepada suaminya : “ayah-ayah, sekarang
I Cempaka sudah cukup umur dan pantas untuk menikah, ingin saya agar ia tidak
jauh-jauh menikah”. “Ia akan saya nikahkan dengan I Denung”. Bapa Patih lalu
menjawab: “ahh…yang benar saja kamu, pikirku bertolak belakang dengan
keinginanmu. Inginku I Cempaka Mas aku jodohkan dengan anakku yang dibarat I
Made Bendesa”. Begitulah perkataan bapa Bendesa, namun sang istri ingin sekali
menjodohkan I Cempaka Mas dengan anaknya I Denung. Karna bertolak belakang
keinginannya mereka berdua, Bapa bendesa berkata : “ya..kalau begitu keinginanmu,
yang sekarang aku serahkan pada I Cempaka Mas saja. Coba tanyakan padanya,
kalau ia mau, terpenuhi keinginanmu, kamu jangan terlalu senang, kalau tidak, kamu jangan marah”. Kemudian
ditanya I Cempaka Mas oleh ibunya, namun ia tidak mau. Membuat marah Meme Patih
kepada suami juga I Cempaka Mas. Semenjak itu ditekanlah I Cempaka Mas oleh
ibunya dengan banyak pekerjaan.
Sekarang
Bapa Patih lalu berbicara kepada Bapa Bendesa, membicarakan tentang anaknya, I
Made Bendesa, kalau ia mau, kalau ia ada perasaan kepada I Cempaka Mas, ia akan
disuruh menculiknya. I Made Bendesa
sepakat dengan keinginan ayahnya. I Made bendesa mengakui bahwa ia suka dengan
I Cempaka Mas dan ia setuju dengan keinginan ayah dan pamannya.
Karena
mereka semua sudah sepakat, sore harinya meme Bendesa menuju rumah Bapa patih
mencari I Cempaka Mas, akan dipersunting. Diceritakan Meme Bendesa sudah sampai
di rumah iparnya, lalu ia berkata kepada I Cempaka Mas. “anaku Cempaka Mas, tolong
bantu bibi sebentar menebuk padi”. Iya bik, tunggu dulu, saya izin dulu sama
ibu”. Jawab I Cempaka Mas, lalu ia meminta izin kepada ibunya. “iya kesanalah
bantu bibimu menebuk padi, jangan lama-lama kamu disana, ini sudah sore,
pekerjaan masih banyak”. Jawab ibunya. I Cempaka Mas dan Meme Bendesa bergegas
pulang.
Sesampainya
ia dirumah bibiknya, berkalah I Cempaka Mas : bibi, kesanalah ambil hasil
panennya, mari kita tebuk padinya, kalau saya terlalu lama disini, nanti saya
dimarah dengan ibu saya”. “Sebentar, duduklah dulu, ada sedikit yang ingin
dibicarakan”. Lalu I Cempaka Mas duduk diteras rumahnya. Bapa Bendesa dan
anaknya juga sudah berkumpul duduk disana. Lalu Meme Bendesa berkata : “ anakku
Cempaka Mas, sebenarnya bibi tidaklah benar menumbuk padi. Begini anakku,
sebenarnya kamu sudah cukup umur, sudah pantas kamu menikah, ini kakakmu I Made
Bendesa layani”. Meme Bendesa berkata seperti itu, disambung oleh Bapa Bendesa
: “ya..seperti itulah, ayah sudah mencarikan hari baik apa lagi, mumpung kamu
disini, jangan kamu pulang lagi”. Baru didengar seperti itu, kagetlah I Cempaka
Mas tak bisa berkata-kata. Berkata lagi Bapa Bendesa : “bagaimana anaku kenapa
kamu diam?. Kalau kakakmu ini kamu tidak suka, laki-laki mana yang akan kamu
sukai, I Denung?”. Lalu I Cempaka Mas berkata : “ayah, beri dulu saya waktu
untuk berpikir barang dua hari atau tiga hari?”. Didengarnya I Cempaka Mas
berkata, dijawab oleh Meme Bendesa : “anaku Cempaka Mas, selesaikan saja
sekarang, mau kamu tidak penuhi keinginan kamu , apalagi kamu mau penuhi,
singkat cerita pokoknya kamu akan ibu kawinkan sekarang”.
Singkat
cerita, karena I Cempaka Mas kaget dan ia juga suka dengan I Made Bendesa, I
Cempaka Mas pun mau dinikahkan.
Diceritakan
sekarang sudah menjelang malam (petang), lalu Bapa Bendesa memberitahukan
kepada Bapa Patih, bahwa I Cempaka Mas akan dipersunting oleh I Made Bendesa.
Diceritan sudah di terima oleh Bapa Patih dan I Made Bendesa juga sudah
dibuatkan upacara seperti orang Bali.
Singkat
cerita, diceritakan sekarang I Cempaka Mas sudah mempunyai dua orang anak
laki-laki dan perempuan. Anak yang laki-laki lebih besar berumur 4th bernama
I Ratna Suara. Adiknya baru berumur 3th bernama I Ratnasari. Diceritakan
sekarang Raden Galuh Gagelang pergi ketaman untuk mandi, diiringi oleh dua
orang dayangnya. Disaat perjalanannya pulang dari taman, dilihatnya I Made
Bendesa yang sedang berdiam diri di luar area taman. Karena I Made Bendesa
tampan ia pun menaruh hati kepada I Made Bendesa. Sesampainya ia di Puri, lalu
ia bertanya kepada dayangnya : “bibi…bibi”. “Iya Ratu Dewa Ayu”. “siapa lelaki
yang berdiam diri di luar area taman itu?”. “laki-laki banyak yang berkumpul
disana, yang mana yang Ratu tanyakan?”. “itu laki-laki yang memakai bunga di
sela-sela kupingnya”. “itu anak dari Bapa Bendesa, ia bernama I Made Bendesa”.
“kenapa saya baru kali ini melihannya?”. Seperti itu Raden Galuh berkata, lalu
ia bergegas menuju tempat tidur dan ia pun tidur, namun ia gelisah, karena
hanya I Made Bendesa yang ada dipikirannya.
Sekarang
saya merasa bersalah dengan raja. I Made Bendesa berkata seperti itu, namun
masih saja Raden Galuh ingin ikut, yang membuat I Made Bendesa diam-diam pergi
meninggalkan puri. Setibanya ia di rumah, ia mengadu kepada ibu dan bapaknya,
“bapak juga ibu, tadi saya di rayu oleh Raden Galuh. Walaupun saya tidak mau
dengan Raden Galuh, tetapi saya merasa takut, pasti saya akan menemui masalah”.
I Made Bendesa berkata. Ibu dan bapaknya hanya mendengarkan saja.
Diceritakan
Raden Galuh setelah ditolak oleh I Made Bendesa, ia dicakar kucing, hingga
banyak mengeluarkan darah, dan ia mengadu kepada ayahnya, sambil ia menangis.
“ayah…ayah begitu jahatnya I Made Bendesa, saya diperkosa ingin dinodai tadi,
ayah. Sangat lama saya mempertahankan diri sampai badan saya babak belur
seperti ini”. Marahlah ayahnya mendengar cerita anaknya seperti itu.
“oooh….berani benar I Made Bendesa, sekarang biar dia menananggung dosanya”.
Raja berkata dan memerintahkan prajuritnya untuk membunuh I made Bendesa.
Berjalanlah prajuritnya mencari I Made Bendesa. Baru diketahui prajurit datang
ke rumahnya merasa takutlah mereka semua. Prajurit berkata : “kamu Made
Bendesa, saya diperintahkan oleh raja untuk membunuh kamu. Janganlah kamu
berpikiran negatif tentang saya, saya hanya menjalankan perintah”. I Made Bendesa
menjawab : “baiklah, karena raja yang memerintahkan untuk membunuh saya, apa
yang menjadi salah saya?”. “Made untuk masalah itu kamu tidak boleh tahu”. “Baik
kalau begitu, saya mau, dimana paman akan membunuh saya?”. “di kuburan, ayo
sekarang”. “ayo paman”. Di dengarnya begitu I Cempaka Mas, ibu dan ayahnya pun
menangis. Sekarang diajaklah I Made Bendesa ke kuburun oleh prajurit,
diceritakanlah oleh ibu, bapak dan istrinya serta saudara-saudaranya semua
merasa sedih.
Di
ceritakan sudah sampai di kuburan, disana I Made Bendesa ditusuk dengan keris
oleh prajurit, namun berkali-kali ditusuk tidak juga ia terluka. Lalu Made
Bendesa berkata : “bagaimana, kenapa tidak bisa, tumpulkah ujung keris paman
itu itu ?”. Coba ujung ilalang saya pakai, kasihan saya melihat paman sangat
lelah”. Berkata I Made Bendesa sambil menyerahkan ilalang itu. Lalu ilalang itu
dipakai menusuk I Made Bendesa dan ia pun tersungkur lalu meninggal. Setelah I
Made Bendesa tersungkur, diambil dan digendong I Made Bendesa oleh ayahnya dan
diajak pulang.
(Tidak
diceritakan dijalan), diceritakan sesampainya dirumah, sewaktu itu mayat I Made
Bendese lalu digulung, ditaruh di atas tempat mayat atau sering disebut bale
gede.
(tidak
diceritakan orang-orang menangisinya), diceritakan sekarang Ida Bhatara Guru,
sangat sedih melihat I Made Bendesa meninggal karena tidak mempunyai salah.
Lalu mayat I Made Bendese ditukarkan dengan mayat seekor ayam. Mayat I Made
Bendesa lalu dibawa ka Kerajaan Kahuripan, ditaruhnya di rumah. Disana I Made
Bendese di hidupkan kembali. Bhatara Guru lalu kembali ka surga.
Disaat
Ida Raden Mantri hidup kembali, ia tidak ingat dengan kejadian-kejadian yang
sudah lewat, ia hanya bengong saja di Puri Kahuripan. Diceritakan pada saat itu
hari Purnama, anak beliau yang perempuan sembahyang ke Puri, lalu Raden Mantri
pun bertemu dengan anaknya disana. Sudah
semalaman ia disana, Raden Mantri pun dipeluknya. “anakku yang ganteng, anak
emasku, kapan kamu pulang, kenapa tiba-tiba sudah disini?”. “Bagaimana saya
tahu ceritanya, tiba-tiba saya sudah berada disini”. “benar-benar saya
bingung”. Jawab Raden Mantri, diajaknya ia keluar mencari ayahnya. Tidak lupa
sambutan sang raja dan seluruh pelayan dan prajuritnya.
Diceritakan
disaat Ratnasuara sudah berumur 6 tahun , membuatlah ia tari-tarian bersama
teman-teman sepermainannnya. Penarinya hanya dua orang Ratnasuara berperan
sebagai Panji, adiknya berperan sebagai galuh.Teman-temannya yang lain
mengiringinya sebagai pemukul gambelan. Belum lama ia belajar, ia berniat untuk
ngelawang, Ratnasuara dan Ratnasari meminta ijin kepada ibunya, akan pergi
ngelawang. Ibunya pun mengijinkan.
Sekarang
pergilah ia bersama group/kelompok tarinya nglawang. Disetiap desa ada saja
yang memintanya untuk menari,. Karna seperti itu, semakin sukalah ia bersama
teman-temannya nglawang, sampai tak terasa sangat jauh ia berjalan, jug tk
ingin ia kembali pulang. Sampailah ia di kerajaan Kahuripan. Pada saat itu,
kebetulan sang raja sedang mengadakan hiburan rakyat, untuk menyambut
kedatangan Raden Mantri. “anaku Ratnasuara dan Ratnasuari, bagaimana ceritanya
kalian bisa ditandu dan diantar orang banyak”. Tanya ibunya. Dijawablah oleh
Ratnasuara : “saya hanya mengiringi Raden Mantri kesini. Kenapa saya ditandu,
karna saya diakui sebagai anaknya. Yang membuat ia kemari, karna ia mau
menjemput ibu untuk diajak ka Kahuripan”. “kenapa beliau bicara sembarangan
seperti itu, mau mengajak ibu apa maksud omonganmu itu anaku?”. “iya..karna
seperti itu kata beliau, ibu adalah istri beliau”. Berkatalah Raden : “adinda
Cempaka Mas, janganlah kamu melupakanku, kakandalah suami adinda”. Cempaka Mas
pun menjawab “ Raden Mantri, janganlah raden seperti itu, kenapa segampang itu
raden mengakui saya sebagai istri, suami saya sudah lama meninggal. Itu
buktinya dibalai itu mayatnya digulung”. “baik adinda, kalau adinda tidak
percaya, cobalah kesana periksa mayat suami adinda. Suami adinda hidup kembali,
kakandalah suami adinda”. Lalu Raden Mantri menceritakan perjalanan hidupnya
dari ia kecil sampai ia meninggal karna raja Gegelang.
Baru diperiksa mayat suaminya, benarlah mayat
itu tidak ada. Sekarang, karna cerita Raden Mantri tidak ada yang keliru
sedikit pun, dan jika dilihan wajahnya sangat mirip, barulah Cempaka mas
percaya. “baik kakanda Raden Mantri, sekarang aku percaya dengan perkataan
kakanda. Yang sekarang apa maksud kakanda?”. “adindan, kembalilah adinda ke
Kahuripan. Ibu dan ayah juga, kemarilah ikut ke Kahuripan, diamlah disa
bersamaku”. Berkatalah Bapa Bendesa dan Meme Bendesa ; “baiklah kami ikut
bersama Raden Mantri”. Bergegaslah mereka bersiap-siap. Setelah usai
bersiap-siap, lalu Raden Mantri kembali ke Kahuripan. Cempaka Mas dan
anak-anaknya ditandu, sedangkan Raden Mantri menunggangi kuda.
(tidak
diceritakan dijalan), diceritakan sekarang sudah sampai di Kerajaan Kahuripan,
lalu kedatangannya disambut dengan Gong dari Puri. Setelah mereka datang di
Puri, Raja dan Permaisuri merasa sangat senang. Disaat semuanya sudah dapat
beristirahat, karena wajah Cempaka Mas terlihat bersinar, lalu ditanyakan lebih
mendalam tentang status kebangsawanan Cempaka Mas. Dan ia mengaku bahwa ia
adalah anak dari Raja dikerajaan Daha. Sang Raja dan Permaisuri pun bertambah
bahagia lagi dan bergegas mereka mengirim utusan ke kerajaan Daha, memberitahukan kepada Raja daha.
Singkat
cerita, Raja Daha dan Permaisuri lalu berkunjung ke Kerajaan Kahuripan, agar
bertemu dengan anak dan cucu mereka. Diceritakan setibanya mereka di Kerajaan
Kahuripan, tidak diceritakan kebahagiaan mereka, setelah mereka lama disana,
mereka pun kembali pulang.
ANALISIS SATUA I CEMPAKA MAS BERDASARKAN UNSUR INTRINSIK :
Unsur intrinsik ialah unsur yang menyusun sebuah karya
sastra dari dalam yang mewujudkan struktur suatu karya sastra.
1.
Judul : I
Cempaka Mas
2.
Tema : Percintaan
3.
Alur/Plot : Maju
Karena peristiwa yang
terjadi pada satua tersebut berjalan sesuai urutan waktu
yang maju tanpa adanya cerita tentang peristiwa waktu yang sebelumnya/ yang
pernah terjadi sebelumnya.
4.
Sudut Pandang : Orang Ketiga Serba Tahu
Dalam sudut pandang ini, cerita
dikisahkan dari sudut ”dia”, namun pengarang, narator dapat
menceritakan apa saja hal-hal yang menyangkut tokoh ”dia” tersebut. Narator mengetahui segalanya, ia bersifat mahatahu
(omniscient). Ia mengetahui berbagai hal tentang tokoh, peristiwa, dan
tindakan, termasuk motivasi yang melatarbelakanginya. Ia bebas bergerak dan
menceritakan apa saja dalam lingkup waktu dan tempat cerita, berpindah-pindah
dari tokoh ”dia” yang satu ke ”dia” yang lain,
menceritakan atau sebaliknya ”menyembunyikan” ucapan dan tindakan tokoh, bahkan
juga yang hanya berupa pikiran, perasaan, pandangan, dan motivasi tokoh secara
jelas, seperti halnya ucapan dan tindakan nyata.
5.
Latar/Setting :
a)
Tempat :
Ø Kerajaan Koripan
Sudah beberapa hari berjalan prajurit yang diperintahkan
mencari Ida Raden Mantri belum juga menemukannya. Lalu seluruh prajurit yang
diperintahkan itu kembali lagi dan melaporkannya pada raja bahwa pencarian
mereka selama ber-hari-hari belum juga membuahkan hasil.
Mayat I Made Bendesa lalu dibawa ka Kerajaan Kahuripan
Ø
Di Gegelang di sebuah taman
…..sekarang diceritakan Ida Raden Mantri jatuh di Gagelang,
di sebuah taman milik Bapa Bendesa.
diceritakan Ida
Raden Galuh juga jatuh ditaman Gagelang, namun taman tersebut milik Bapa Patih
Diceritakan
sekarang Raden Galuh Gagelang pergi ketaman untuk mandi…
Ø Rumah Bapa Patih
….meme Bendesa
menuju rumah Bapa patih mencari I Cempaka Mas
Ø Rumah Made Bendesa
Berjalanlah
prajuritnya mencari I Made Bendesa. Baru diketahui prajurit datang ke rumahnya…..
Ø Di Kuburan
Di ceritakan sudah
sampai di kuburan, disana I Made Bendesa ditusuk dengan keris oleh prajurit,
namun berkali-kali ditusuk tidak juga ia terluka.
b)
Waktu
Ø Sore Hari
…..sore harinya meme Bendesa menuju rumah Bapa patih mencari
I Cempaka Mas, akan dipersunting.
Ø Petang
Diceritakan
sekarang sudah menjelang malam (petang), lalu Bapa Bendesa memberitahukan
kepada Bapa Patih, bahwa I Cempaka Mas akan dipersunting oleh I Made Bendesa.
Ø Purnama
Diceritakan pada
saat itu hari Purnama, anak beliau yang perempuan sembahyang ke Puri, lalu
Raden Mantri pun bertemu dengan anaknya
disana.
c)
Suasana
Ø Mengaharukan
“Baik kalau
begitu, saya mau, dimana paman akan membunuh saya?”. “di kuburan, ayo
sekarang”. “ayo paman”. Di dengarnya begitu I Cempaka Mas, ibu dan ayahnya pun
menangis.
Ø Bahagia
Setelah mereka
datang di Puri, Raja dan Permaisuri merasa sangat senang.
Disaat semuanya sudah dapat beristirahat, karena wajah Cempaka Mas
terlihat bersinar, lalu ditanyakan lebih mendalam tentang status kebangsawanan
Cempaka Mas. Dan ia mengaku bahwa ia adalah anak dari Raja dikerajaan Daha.
Sang Raja dan Permaisuri pun bertambah bahagia lagi dan bergegas mereka
mengirim utusan ke kerajaan Daha,
memberitahukan kepada Raja daha.
6.
Penokohan
Adapun tokoh serta wataknya yang terdapat
pada Satua tersebut adalah. :
Ø I Cempaka Mas,
wataknya penurut, berbakti pada orang tua dan suka menolong.
Diceritakan Meme
Bendesa sudah sampai di rumah iparnya, lalu ia berkata kepada I Cempaka Mas.
“anaku Cempaka Mas, tolong bantu bibi sebentar menebuk padi”. Iya bik, tunggu
dulu, saya izin dulu sama ibu”. Jawab I Cempaka Mas, lalu ia meminta izin
kepada ibunya.
Ø I Made Bendesa,
wataknya setia.
Setibanya ia di
rumah, ia mengadu kepada ibu dan bapaknya, “bapak juga ibu, tadi saya di rayu
oleh Raden Galuh. Walaupun saya tidak mau dengan Raden Galuh, tetapi saya
merasa takut, pasti saya akan menemui masalah”. I Made Bendesa berkata.
Ø Ratnasuara dan
Ratnasari, wataknya berbakti kepada orang tua dan kreatif.
Diceritakan disaat Ratnasuara sudah berumur 6 tahun ,
membuatlah ia tari-tarian bersama teman-teman sepermainannnya. Penarinya hanya
dua orang Ratnasuara berperan sebagai Panji, adiknya berperan sebagai
galuh.Teman-temannya yang lain mengiringinya sebagai pemukul gambelan. Belum
lama ia belajar, ia berniat untuk ngelawang, Ratnasuara dan Ratnasari meminta
ijin kepada ibunya, akan pergi ngelawang. Ibunya pun mengijinkan.
Ø
Meme Patih dan Raden Galuh Gagelang, wataknya ambisius.
Meme Patih berkata kepada suaminya : “ayah-ayah, sekarang I
Cempaka sudah cukup umur dan pantas untuk menikah, ingin saya agar ia tidak
jauh-jauh menikah”. “Ia akan saya nikahkan dengan I Denung”. Bapa Patih lalu
menjawab: “ahh…yang benar saja kamu, pikirku bertolak belakang dengan
keinginanmu. Inginku I Cempaka Mas aku jodohkan dengan anakku yang dibarat I
Made Bendesa”. Begitulah perkataan bapa Bendesa, namun sang istri ingin sekali
menjodohkan I Cempaka Mas dengan anaknya I Denung. Karna bertolak belakang
keinginannya mereka berdua, Bapa bendesa berkata : “ya..kalau begitu
keinginanmu, yang sekarang aku serahkan pada I Cempaka Mas saja. Coba tanyakan
padanya, kalau ia mau, terpenuhi keinginanmu, kamu jangan terlalu senang, kalau tidak, kamu jangan marah”. Kemudian
ditanya I Cempaka Mas oleh ibunya, namun ia tidak mau. Membuat marah Meme Patih
kepada suami juga I Cempaka Mas. Semenjak itu ditekanlah I Cempaka Mas oleh
ibunya dengan banyak pekerjaan.
Diceritakan Raden Galuh setelah ditolak oleh I Made Bendesa,
ia dicakar kucing, hingga banyak mengeluarkan darah, dan ia mengadu kepada
ayahnya, sambil ia menangis. “ayah…ayah begitu jahatnya I Made Bendesa, saya
diperkosa ingin dinodai tadi, ayah. Sangat lama saya mempertahankan diri sampai
badan saya babak belur seperti ini”.
Ø Bapa Patih dan
Bapa Bendesa, suka menolong dan bijaksana.
Terkejutlah Bapa
Bendesa, dilihatnya ada seorang anak kecil yang sedang menangis disana. Lalu
Bapa Bendesa bertanya kepada Ida Raden Mantri “hei anak kecil, siapa kamu?”.
“Kenapa kamu menangis, siapa yang mengajak kamu kemari?”. Menjawablah Ida Raden
Mantri sambil ia menangis, “bapak, saja hanya anak kecil yang tak tahu dimana
rumah saya dan siapa ibu dan ayah saya”. “kalau bapak mau mengangkat saya
sebagai anak, saya mau?”. Dijawab oleh bapa Bendesa “iya kalau begitu,
diangkatlah Ida Raden Mantri oleh Bapa Bendesa dan dipersaudarakan dengan
anaknya Ni Bendesa.
…..diceritakan Ida
Raden Galuh juga jatuh ditaman Gagelang, namun taman tersebut milik Bapa Patih
dan diangkat Raden Galuh sebagai anak dipersaudara dengan anaknya bernama I
Wayan Patih. Ida Raden Galuh diberinama I Cempaka Mas.
Bapa bendesa
berkata : “ya..kalau begitu keinginanmu, yang sekarang aku serahkan pada I
Cempaka Mas saja. Coba tanyakan padanya, kalau ia mau, terpenuhi keinginanmu,
kamu jangan terlalu senang, kalau tidak,
kamu jangan marah”.
Sekarang Bapa Patih lalu berbicara kepada Bapa Bendesa, membicarakan
tentang anaknya, I Made Bendesa, kalau ia mau, kalau ia ada perasaan kepada I
Cempaka Mas, ia akan disuruh menculiknya.
I Made Bendesa sepakat dengan keinginan ayahnya. I Made bendesa mengakui
bahwa ia suka dengan I Cempaka Mas dan ia setuju dengan keinginan ayah dan
pamannya.
Ø Meme Bendesa,
wataknya lemah lembut.
“Sebentar, duduklah dulu, ada sedikit yang ingin dibicarakan”. Lalu I
Cempaka Mas duduk diteras rumahnya. Bapa Bendesa dan anaknya juga sudah
berkumpul duduk disana. Lalu Meme Bendesa berkata : “ anakku Cempaka Mas,
sebenarnya bibi tidaklah benar menumbuk padi. Begini anakku, sebenarnya kamu
sudah cukup umur, sudah pantas kamu menikah, ini kakakmu I Made Bendesa
layani”.
7.
Amanat
Sebagai manusia kita hendaknya selalu berkata jujur, setia pada perkataan
dan perbutan. Selalu beryukur atas apa yang kita alamai dan jalani. Janganlah
terlalu ambisius, karna ambisi dan ego akan menyakitkan diri sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar